• banner
BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU

Syaripuddin (Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Seribu) memberikan sambutan pada kegiatan "Rapat Koordinasi Kapasitas Pengelolaan Data Bawaslu Provinsi DKI Jakarta". (14/11/2020)

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta - Bawaslu Provinsi DKI Jakarta senantiasa berupaya untuk meningkatkan pengelolaan data dan informasi. Salah satu bentuknya yaitu dengan terus memperbarui data-data yang ada di website PPID. Data Bawaslu Provinsi dan Kab/Ko se-DKI Jakarta yang sudah diunggah di website seperti Perbawaslu, putusan sengketa proses Pemilu, putusan sidang penanganan pelanggaran administrasi Pemilu, laporan hasil pengawasan Pemilu, dan lain sebagainya. Namun perlu kecermatan dalam mengupload data.  “Data-data yang akan diupload harus diteliti dan dikoreksi dengan cermat, karena data-data itu akan terpublikasi secara nasional. Selain itu website (PPID) sudah terkoneksi dengan (website) Kemenkumham” tegas Bapak Muhammad Jufri,Ketua Bawaslu DKI Jakarta dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Pengelolaan Data pada tanggal 14 November 2020 di Royal Island Resort, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu.

Terkait data dalam JDIH, Sulastyo, Tenaga Ahli Bawaslu RI menyampaikan bahwa JDIH Bawaslu Provinsi ada dibawah koordinasi JDIH-N (JDIH Nasional). JDIH Provinsi memuat data sengketa informasi provinsi, putusan di tingkat provinsi, surat serta rekomendasi-rekomendasi pada saat Pilkada, IKP, dst. Dengan adanya JDIH, produk hukum Bawaslu Provinsi mampu terdokumentasi dengan baik.

Selain itu, pengelolaan data dan informasi juga harus mendapat dukungan dari Bawaslu Kab/Kota. “Semakin banyak data yang diupload Bawaslu Kab/Ko akan menjadi nilai tambah bagi Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu RI. Artinya jangkauan masyarakat yang terpapar informasi mengenai Bawaslu semakin luas.” tambah Sulastyo. Karena tujuan pengelolaan data dan informasi (PPID) adalah sebagai sarana sosialisasi bagi masyarakat juga untuk mendukung keterbukaan informasi publik.

Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Kepala Sekretariat Provinsi DKI Jakarta, Kepala Bagian dan Kepala Sub-Bagian Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Ketua dan Anggota Bawaslu Kab/Ko se-DKI Jakarta serta staf Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Putri Usmawati

Survey Layanan Publik

Pengumuman