• banner
BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU

BUKU DIGITAL

 

 

"Sitti Khofifah Anggota Bawaslu Provinsinsi DKI Jakarta Koordinator Divisi Humas dan Hubal" doc. Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta - Bawaslu Provinsi DKI Jakarta telah selesai melakukan seleksi administrasi terhadap seluruh peserta yang mendaftar untuk mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tahun 2020.

Menurut Siti Khofifah Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Seluruh peserta yang sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS) akan diumumkan secara resmi oleh Bawaslu RI pada Jumat, 1 Mei 2020 dilaman resminya. Selanjutnya launching SKPP Daring akan diresmikan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu, 2 Mei 2020 bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional.

" Saat ini tahapan seleksi administrasi untuk peserta sudah selesai, dan rencana akan di umumkan oleh Bawaslu RI pada tanggal 1 Mei 2020, yang dilanjutkan dengan lunching di tingkat provinsi pada tanggal 2 Mei 2020, bertepatan dengan hari pendidikan nasional" ujarnya.

Perempuan kelahiran Tangerang ini menambahkan bahwa dipilihnya momentum hari pendidikan nasional sebagai launching SKPP Daring agar seluruh peserta dapat termotivasi untuk menyelesaikan seluruh proses SKPP Daring.

"Semoga ini menjadi momentum yang tepat dan dapat memotivasi seluruh peserta agar mengikuti dan menyelesaikan seluruh tahapan pembelajaran hingga selesai dan dinyatakan lulus" tambahnya.

Sebagaimana diketahui ada beberapa tahapan yang akan dilewati oleh seluruh peserta, diawali dengan pendaftaran, pembelajaran audio visual secara daring, diskusi daring dan evaluasi daring.

Pada tahapan pembelajaran audio visual, peserta harus mengikuti seluruh materi sejumlah 10 topik yaitu:
1. Pemilu dan Pilkada;
2. Regulasi Pemilu dan Pilkada;
3. Kerawanan Pemilu;
4. Pengawasan Pemilu dan Pilkada;
5. Mekanisme Penanganan Pelanggaran;
6. Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pemilu;
7. Pengawasan Partisipatif;
8. Strategi Kehumasan Kader Pengawas;
9. Pemantauan Pemilu;
10. Evaluasi.

Peserta yang sudah dinyatakan lulus dalam tahap administrasi, akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu diskusi online yang didalamnya diisi oleh narasumber dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kab/Kota se-Provinsi DKI Jakarta serta narasumber eksternal yang tergabung dalam pokja.

Pada tahap akhir seluruh peserta akan mengikuti evaluasi. setelah lolos dari proses evaluasi ini,maka peserta dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat SKPP Daring dari Bawaslu.

Penulis: Bahrur Rosi/ Humas Bawaslu Provinsi DKI Jakarta

JDIH