• banner
BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU

BUKU DIGITAL

Divisi TP3 Bawaslu DKI Jakarta melakukan virtual meeting membahas persiapan SKPP Daring (17/4/2020)

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta - Pendaftaran Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Bawaslu telah ditutup. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti SKPP Daring sangat tinggi terutama di wilayah DKI Jakarta, pendaftar tercatat sebanyak 1.207 orang. Saat ini seluruh peserta yang sudah resmi mendaftar sedang dalam proses seleksi administrasi untuk memastikan keterpenuhan seluruh syarat oleh calon peserta. Hal ini disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Koordinator Divisi Humas & Hubal Siti Khofifah dalam rapat koordinasi Divisi TP3 via daring pada Jumat (17/4/2020).

 “Saat ini Bawaslu Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan tahapan yang pertama dalam pelaksanaan SKPP Daring yaitu tahap pencermatan. Pencermatan dilakukan guna menyaring peserta apakah telah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan Surat Edaran No.261 atau tidak”. Tegas Khofifah saat memimpin rapat koordinasi

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menjelaskan panduan awal dalam tahapan pelaksanaan SKPP Daring sesuai dengan Surat Edaran Ketua Bawaslu Nomor 261/K.Bawaslu/PM.01.00/IV/2020 perihal Pelaksanaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Tahun 2020 dengan metode daring/online, tahapan tersebut terdiri dari tahapan Pendaftaran dan Seleksi yang dilanjutkan dengan tahapan e-learning. Dalam tahapan ini, peserta yang telah dinyatakan memenuhi syart akan memerima materi dalam bentuk audio visual yang telah disiapkan kemudian dilanjutkan dengan diskusi secara daring dengan narasumber. Pada tahapan selanjutnya peserta dapat berkomunikasi secara intensif mengenai tema kepemiluan melalui media whatsapp grup. Pada tahap akhir, peserta akan mengikuti evaluasi yang dilakukan secara daring dan bagi peserta yang dinyatakan lulus SKPP Daring akan mendapatkan sertifikat dari Bawaslu.

Diharapkan dari 6 tahapan pelaksanaan SKPP daring tersebut, mampu menghasilkan kader-kader pengawas yang berkualitas dan berintegritas untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi pemilu dan pilkada yang demokratis.

 

Penulis          : Putri Usmawati/Humas Bawaslu Provinsi DKI Jakarta
Editor            : Bahrur Rosi/Humas Bawaslu Provinsi DKI Jakarta

JDIH