BAWASLU DKI JAKARTA DUKUNG TERWUJUDNYA REFORMASI BIROKRASI

 Peserta Bimbingan Teknis Staf Sekretariat Reformasi Birokrasi seusai menandatangani Komitmen Bersama terwujudnya Reformasi Birokrasi Foto: M. Fachri

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta-Reformasi birokrasi merupakan perubahan pokok dalam sistem demokrasi terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia (aparatur). Bawaslu RI mengajak segenap jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk mendukung terwujudnya reformasi birokrasi dilingkungan Bawaslu.

Perihal tersebut disampaikan oleh Raja Monang Silalahi, Pengawasan Internal Bawaslu RI dalam acara Bimbingan Teknis Staf Sekretariat (Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi) Reformasi Birokasi Zona Integritas, Kepatuhan Wajib Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN). Di Hotel Mercure Batavia, Jakarta (18/9/19).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua dan didampingi oleh seluruh anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, dalam sambutannya Jufri menyatakan bahwa laporan LHKPN merupakan kewajiban mutlak bagi seluruh pejabat dan penyelenggara sebagai bentuk akuntabilitas dan keterbukaan informasi publik

“LHKPN dan LHKSN merupakan kewajiban bagi seluruh pejabat publik untuk menunjukan akuntabilitas dan integritas seoarang penyelenggara negara” ujar jufri

Ia juga mengapreasiasi karena secara khusus seluruh unsur dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kab/Kota sudah 100% dalam melaporkan harta kekayaannya sehingga ini bisa menjadi contoh baik bagi wilayah lain.

Selain itu Menurut Monang, Bawaslu DKI menjadi salah satu dari 9 Provinsi yang menjadi pilot project lembaga yang akan di survey oleh Kemenpan RB. Salah satu alasannya adalah Bawaslu DKI telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 100%.  Hal tersebut menunjukkan tingkat kepatuhan pimpinan Bawaslu DKI Jakarta serta dukungan terhadap reformasi birokrasi dilingkungan Bawaslu.

Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dan staf Bawaslu Provinsi DKI Jakarta serta pimpinan dan bendahara seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta.  Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama dari masing-masing pimpinan di Bawaslu DKI Jakarta untuk mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi di Lembaga Pengawas Pemilu.

Penulis             : Putri Usmawati

Editor              : Bahrur Rosi

Fotografer       : M. Fachri