Khofifah Tekankan Pentingnya Membangun, Merawat dan Menjaga Kerjasama Dengan Mitra Kerja

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta selenggarakan kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Mitra Kerja pada Senin, (29/7/2019) di Hotel Blue Sky Hotel Pandaruta, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun dan menguatkan koordinasi serta kerjasama dengan seluruh Mitra Kerja khususnya dilingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam proses pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta tidak hanya bekerja sendiri melainkan bersama sama-sama dengan Mitra Kerja ikut mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2019 terutama dalam hal dukungan sarana dan prasarana kelancaran proses pengawasan.

Siti Khofifah, Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta sekaligus Koordinator Divisi Humas dan Hubal menekankan pentingnya kerjasama antara Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dengan Mitra Kerja dalam hal ini adalah Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, kerja sama tersebut haruslah dibangun, dirawat dan dan dijaga secara bersama.

“Bawaslu dalam menjalankan tugas dan kewenangannya tidak bisa terlepas dari kerjasama dengan lembaga lembaga lainnya. Hubungan antar lembaga ini menjadi suatu hal yang penting untuk di bangun, dirawat dan dijaga. Pemerintah Daerah dalam hal ini merupakan mitra kerja yang penting bagi pengawas pemilu khususnya terkait dengan dukungan baik berupa SDM maupun fasilitasi lainnya sebagaimana tercantum dalam Pasal 434 UU 7 Tahun 2017”. Ungkapnya saat menyampaikan materi

Pasal 434 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum memang mewajibkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilu.

Pasal 434 ayat (1)

“Untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban Penyelenggara Pemilu, Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”

Hadir  narasumber dalam kegiatan tersebut Siti Khofifah (Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta), Taufan Bakri (Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta), Dedi Kuswara (BPAD Provinsi DKI Jakarta) dan Maskur (Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Editor : Bahrur Rosi