Rakhma Dorong Perbaikan Kinerja Aparatur Pengawas

Pimpinan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta saat memberikan sambutan dalam kegiatan penguatan spiritual aparatur pengawas Tahun 2019 di Hotel Mercure Ancol, Jumat (15/11/2019). Foto:Maulana

 

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta- Bawaslu Provinsi DKI Jakarta terus mendorong perbaikan kinerja bagi aparatur pengawas dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kab-Kota se-Provinsi DKI Jakarta, peningkatan kinerja tersebut harus dimulai dengan perbaikan spiritualitas pribadi aparatur pengawas.

“kinerja aparatur pengawas dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kab/Kota se-Provinsi DKI Jakarta harus terus ditingkatkan, hal itu bisa dimulai dengan penguatan spritualitas pribadi aparatur pengawas pemilu” ucap Rakhma Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta saat memberikan sambutan dalam kegiatan Penguatan Spiritual Aparatur Pengawas Tahun 2019 di Hotel Mercure Convention Ancol, Jumat (15/11/2019).

Rakhma berharap penguatan kelembagaan dan penguatan kewenangan Bawaslu harus dibarengi dengan kinerja yang baik dari seluruh unsur aparatur pengawas pemilu,spiritualitas pribadi yang baik akan berbanding lurus dengan kinerja aparatur pengawas dalam perjalanan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota secara kelembagaan

“dengan ditetapkan Bawaslu Kab/Kota menjadi lembaga permanen, maka harus diikuti dengan peningkatan kinerja aparatur pengawasnya dalam penyelenggaraan pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah”. tambahnya

Diakhir sambutannya ia berharap seluruh peserta kegiatan penguatan spiritual aparatur pengawas dapat mengikuti kegiatan secara penuh dan baik, mengingat pentingnya kegiatan untuk mewujudkan soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas kerja aparatur pengawas.

“saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan penguatan spiritual aparatur pengawas, mengingat pentingnya materi dan ouput yang diharapkan juga akan bisa maksimal bagi peningkatan kinerja pengawas pemilu kedepannya”. tutupnya

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta lainnya Siti Khopipah. Menurutnya selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual sangat dibutuhkan bagi aparatur pengawas dalam menjalankan kinerja pengawasan guna terus menguatkan soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas yang harus selalu dipegang teguh oleh seluruh aparatur pengawas.

“aparatur pengawas pemilu harus selalu memegang teguh prinsip soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas kerja dengan menselaraskan kecerdasaan intelektual, kecerdasan emosional, dan juga kecerdasan spiritual”. cetusnya  

 

Editor              : Rosi

Fotografer      : Maulana

Bawaslu DKI Jakarta Bertekad Terus Perbaiki Kinerja Pengawasan

Jufri (berdiri) saat memberikan sambutan dalam kegiatan Evaluasi Hasil Pemilihan Umum di Swiss-Bel Hotel Jakarta, Minggu (3/11/2019)

 

Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta- tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden telah usai dengan dilantiknya Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2014 pada 20 Oktober 2019 di Gedung MPR RI.

Disampaikan oleh Muhammad Jufri Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Semestinya setelah rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilu yang panjang, harus dilakukan evaluasi, kritikan, dan usulan demi perbaikan kinerja pengawasan yang dilakuan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

“evaluasi semestinya memang harus dilakukan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan telah selesai yang ditandai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019”. Ujarnya saat memberikan sambutan dan membuka acara Evaluasi Hasil Pemilihan Umum Pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Swiss-Bel Hotel, Minggu (3/11/2019).

Jufri juga berharap selama tiga hari kedepan, seluruh peserta yang diundang baik dari unsur Partai Politik, OKP, BEM dan unsur lainnya dapat memberikan evaluasi, kritikan, dan masukan yang konstruktif demi perbaikan kinerja pengawasan pemilu oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

“peserta yang diundang diharapkan dapat memberikan kritik, masukan dan evaluasi bagi kinerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta selama penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 bagi perbaikan lembaga dan kinerja Bawaslu Provinsi DKI Jakarta”. tambahnya.

Selain itu dalam kegiatan Evaluasi Hasil Pemilihan Umum peserta akan diminta untuk mengisi lembar kuisioner dalam rangka masukan dan perbaikan kinerja Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

“peserta nanti akan diminta untuk mengisi lembar evaluasi yang sudah disediakan oleh panitia dalam rangka memberikan masukan kepada Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dalam rangka perbaikan pengawasan pemilu kedepannya”.tutupnya 

Editor  :Rosi

 

KHOPIPAH FOKUS PADA PENINGKATAN KAPASITAS UNTUK KEMBANGKAN PENGELOLAAN WEBSITE

Foto bersama seluruh peserta kegiatan Bimbingan Teknis Peliputan Berita dan Pengelolaan Wesbite di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019

 Jakarta, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta- Berita atau publikasi yang  nampak di website adalah ujung tombak lembaga, sekarang citra lembaga atau seseorang tergantung pemberitaan.  Dibutuhkan peningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan, khususnya sumber daya yang ditugaskan untuk mengelola website Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten/Kota.

Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Siti Khopipah menyatakan bahwa dalam pengelolaan dan pengembangan webiste membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelola webiste secara baik untuk menunjukan citra Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota kepada publik dari hanya dengan melihat bagaimana tampilan dan isi website.

“mengelola dan mengembangkan website membutuhkan perhatian khusus baik dari segi sarana dan prasarana serta dari segi sumber daya manusianya, karena citra lembaga Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota akan sangat tergantung pada bagaimana tampilan dan isi website lembaga kita” begitu ia sampaikan saat pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peliputan Berita dan Pengelolaan di Hotel Bidakara, Selasa (22/10/2019).

Selain itu dalam pengelolaan website dibutuhkan sumber daya manusia yang berbeda-beda dalam arti punya kemampuan dan spesialis yang berbeda seperti orang  IT, fotografer.

“dalam pengelolaan website kita bicara Dalam pengelolaan website kita bicara SDM yang berbeda-beda, perlu orang IT. Dalam fitur berita Kita perlu SDM yang ahli dibidang fotografi, video editing” tambahnya

Kegiatan bimbingan teknis diharapkan mampu memperbaiki pengelolaan website dan penyajian informasi oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota kepada publik sebagai bentuk kewajiban keterbukaan informasi publik yang merupakan bagian dari semangat reformasi birokasi.

 

Editor                  : Rosi

Fotografer          : Jimmy